Langkah Mudah Agar, Orang Yang Tidak Anda Kenal Tidak Bisa Pakai Akun Whatsapp Kita saat Hilang/Dicuri

https://erafakta.com/2018/08/13/langkah-mudah-agar-orang-yang-tidak-anda-kenal-tidak-bisa-pakai-akun-whatsapp-kita-saat-hilang-dicuri/
Langkah Mudah Agar, Orang Yang Tidak Anda Kenal Tidak Bisa Pakai Akun Whatsapp Kita saat Hilang/Dicuri. Tidak ada yang bisa menduga bila suatu waktu ponsel kita hilang atau dicuri.

Padahal, ponsel tentunya menyimpan berbagai hal penting, mulai dari foto, video, file kerja dan nomor-nomor kontak yang bisa disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

Jika keapesan itu terjadi padamu, kamu pasti akan mencari cara agar akun-akun di ponselmu tidak disalahgunakan atau dipakai orang lain, terutama akun aplikasi olah pesan WhatsApp (WA).

Aplikasi perpesanan WhatsApp juga sangat berbahaya jika sampai disalahgunakan oleh orang lain, apalagi mengatasnamakan identitas kita.

Lalu apa yang harus dilakukan jika teleponmu hilang atau dicuri dan kamu tak ingin orang lain menggunakan akun WhatsApp milikmu?

TribunWow melansir dari laman FAQ WhatsApp, Senin, (13/8/2018), sebenarnya WhatsApp bisa langsung membantu memastikan agar orang lain tidak dapat menggunakan akun WhatsApp-mu saat HPmu hilang.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memblokir kartu SIMmu yang lama.
Kamu harus menghubungi penyedia layanan seluler dan sesegera mungkin untuk memblokir kartu SIM-mu yang telah hilang atau dicuri.

Dengan memblokir kartu SIM lama, orang lain tidak akan dapat memverifikasikan akun pada telepon tersebut, karena untuk melakukan proses verifikasi, telepon harus dapat menerima SMS ataupun panggilan.

Kamu juga harus meminta untuk dibuatkan kartu SIM baru dengan nomor yang sama (jika ingin mengaktifkan kembali akun WhatsApp-mu (yang lama).
Usai melakukan langkah di atas, kamu juga harus mengirim email ke WhatsApp dengan menyertakan kalimat berikut:

“Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun saya” pada bagian badan email dan sertakan nomor teleponmu dalam format internasional lengkap.

Kirim email itu ke: support@whatsapp.com.

Setelahnya, kamu bisa menggunakan kartu SIM baru dengan nomor telepon yang sama untuk mengaktifkan kembali akun WhatsApp-mu pada perangkat atau ponsel baru.

Caranya kamu harus verifikasi ulang dengan menggunakan nomor yang sama dengan kartu SIM yang baru tersebut.

WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat di waktu yang bersamaan.
Sehingga, orang lain tak mungkin memakai akun WhatsApp-mu jika telah diaktifkan di ponselmu.
Lalu apa yang terjadi ketika akun dinonaktifkan?

Akun tersebut tidak sepenuhnya terhapus, jadi kontakmu tetap dapat melihat profil dan dapat mengirimkan pesan kepadamu.

Namun, pesan itu akan berada dalam status tertunda selama 30 hari.
Jika kamu mengaktifkan kembali akunmu sebelum akun tersebut dihapus dari sistem, kamu akan menerima pesan yang tertunda pada telepon yang baru dan juga akan tetap berada di grup chatmu.
Tapi jika kamu tidak kunjung mengaktifkan akunmu kembali dalam waktu 30 hari, akun tersebut akan sepenuhnya dihapus dari sistem WhatsApp.

Comments

Popular posts from this blog

Bantuan Kelombok Terkendala Kurang

Usai Bantuan Medis, UII kirim Banyak Logistik ke Lombok

Solidaritas Untuk Warga Lombok Harus Dibangun Terus